Sahabat Tani, Bentuk Komitmen Seger Group Sebagai Mitra Petani

Ampana – Sahabat Tani sebagai bagian dari Departemen Kemitraan PT Seger Agro Nusantara, berperan strategis dalam mendukung petani dan pertanian di Indonesia. Melalui program pelatihan, pendampingan, demoplot budidaya jagung yang menerapkan prinsip Good Agriculture Practice (GAP) dan Inclusive Close Loop, perbankan, pemerintah, NGO dan program lainnya kepada petani secara langsung. Seger Group memiliki harapan untuk membangun ketahanan pangan dan mensejahterahkan petani jagung di Indonesia. Tim Sahabat Tani Seger Group mengutamakan jiwa “melayani” yang mendasari motivasi tim untuk mendekatkan petani ke pasar.          

Saat ini tim Departemen kemitraan memiliki 15 orang personil yang tersebar di cabang – cabang PT Seger Agro Nusantara antara lain; di Gorontalo, Palu, Tojo Una – Una, Sumbawa, dan Lampung. Tim Sahabat Tani terjun langsung pendampingan ke para petani dengan cara memberikan pelatihan budidaya jagung mulai dari proses tanam hingga pasca panen. Disamping itu Sahabat Tani turut menggandeng mitra kerja perusahaan input benih, pupuk, pestisida atau fungisida.

“Saya merasa sangat terbantu dengan bimbingan teknis dari tim PT Seger Agro Nusantara” ungkap Bapak Fardan, salah satu Petani Mitra binaan di Site Ampana dalam kegiatan Sahabat Seger Project, Minggu (17/9/2023). Hal yang sama juga disampaikan Bapak Samu, petani binaan lainnya di Site Ampana. “Hasil panen saya yang dulunya hanya sekitar 1-2 Ton/Ha sekarang dapat meningkat menjadi 5 Ton/Ha berkat bimbingan teknis dari team Sahabat Tani. Saya diberikan informasi tetang teknis pemupukan serta pengendalian serangan hama penyakit serta dapat menjual hasil panen dengan harga yang sangat menguntungkan,’’ jelasnya. Dalam hal melakukan Demoplot budidaya jagung sesuai Good Agricultire Practice (GAP) & Inclusive Close Loop Sahabat Tani menerapkan sistem kerja yang menekankan pada bantuan dalam permasalahan yang dihadapi oleh para petani sehingga mendekatkan seluruh akses kebutuhan kepada petani. Kepastian pasar adalah salah satu hal yang penting bagi petani. Sehingga dalam kegiatan kemitraannya Sahabat Tani memberikan kemudahan dan mendekatkan pasar kepada petani mitra dengan memfasilitasi proses penjualan hasil ke gudang – gudang PT. Seger Agro Nusantara serta pendampingan kepada petani mitra yang ingin mengembangkan usahanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *